Bagi yang sedang menggeluti dunia bisnis pasti tidak asing dengan sertifikasi ISO. International Organization of Standardization atau lebih dikenal dengan ISO adalah suatu sistem untuk mengukur ketentuan standar yang berlaku di seluruh dunia. Otoritas dari sertifikasi ISO ini memiliki hak untuk menentukan standar dari berbagai bidang bisnis. Pada penerapannya pun dibutuhkan dari bisnis usaha kecil menengah sampai perusahaan sekali pun.

Penting untuk diketahui, pemilik bisnis kini membutuhkan ISO yang dapat berguna sebagai branding suatu perusahaan dalam persaingan pasar modal yang ketat. Beberapa manfaat yang didapatkan antara lain untuk menambah kepercayaan dengan meningkatkan sistem manajemen mutu, menghemat biaya untuk menghindari pengeluaran yang berlebihan, dan lebih ramah kepada pekerja.

Pembuatan Sertifikasi ISO

Proses pembuatan Sertifikasi ISO juga tidak dapat dilakukan sembarangan karena membutuhkan Lembaga Penilaian Kesesuaian (LPK) sebagai Badan Sertifikasi. Dari banyaknya LPK yang sebagai Badan Sertifikasi, tidak jarang membuat pemilik bisnis bingung dalam proses pemilihan. Apabila menggunakan jasa pengurusan sertifikasi ISO yang dapat dipercayakan pada Legalyn yang kemudian akan dibantu mencari LPK yang tepat.

Jenis-jenis ISO

Terdapat berbagai jenis ISO yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan fokus perusahaan bisnis dan dapat digunakan untuk membantu meningkatkan penjualan produk:

ISO 9001:2015

Standar yang disepakati untuk memenuhi persyaratan sistem manajemen mutu. ISO 9001:2015 ini berfungsi untuk meningkatkan kepuasan pelanggan. Perusahaan yang membutuhkan ISO ini yaitu perusahaan yang bergerak di bidang penginapan, industri teknik, kesehatan, dan layanan teknologi.

ISO 14001:2015

Standar yang disepakati untuk memenuhi persyaratan sistem manajemen lingkungan. Perusahaan yang membutuhkan ISO 14001:2015 yang berhubungan langsung dengan permasalahan lingkungan, misalnya pabrik yang menghasilkan limbah. Perusahaan dapat dinilai memiliki tanggungjawab dan komitmen untuk menanggulangi masalah dari dampak yang dilakukan dalam pelaksanaan bisnisnya.

ISO 45001:2018

Standar yang disepakati untuk memenuhi persyaratan sistem manajemen keselamatan dan kesehatan kerja. Perusahaan memiliki tanggungjawab untuk menyejahterakan keselamatan dan kesehatan dari pekerja. Oleh sebab itu, dibutuhkan ISO 45001:2018 bagi perusahaan sebagai jaminan untuk membuat pekerja menjadi merasa aman dalam bekerja.

Keuntungan menggunakan jasa pengurusan sertifikasi ISO

Setelah mengetahui pentingnya sertifikasi ISO untuk perusahaan, ini waktu yang tepat untuk mendaftarkan bisnis demi mendapatkan sertifikasi ISO. Banyak pemilik bisnis yang kebingungan bagaimana cara mengurusnya, belum lagi banyak urusan bisnis yang harus segera diselesaikan. Serahkan saja pekerjaan ini pada Legalyn yang menawarkan jasa untuk mengurus sertifikasi ISO. Tentunya menguntungkan karena ditangani oleh tenaga profesional yang sudah berpengalaman. Harganya pun terjangkau dengan pengerjaan yang cepat. Lebih bagusnya lagi, client dapat memantau langsung kinerja jasa yang sedang dipesan. Konsultasikan sekarang semua tentang ISO secara gratis tanpa batas.

%d blogger menyukai ini: